Pelajari dan Mengerti Cara Mengatasi Alergi Makanan Pada Anak

Pelajari dan Mengerti Cara Mengatasi Alergi Makanan Pada Anak

Pelajari dan Mengerti Cara Mengatasi Alergi Makanan Pada Anak
Setiap orang tua tentu menginginkan gizi yang paling baik untuk buah hati mereka, terutama melalui berbagai makanan yang memiliki kandungan gizi lengkap sebagai media untuk mendukung segala pola perkembangan dan pertumbuan anak dengan baik. Biasanya, para orang tua sudah berusaha memberikan makanan terbaik untuk anak mereka bahkan sejak masih berusia sebagai bayi. Hal ini dilakukan dengan memberikan berbagai makanan yang dipercayai memiliki kandungan gizi lengkap yang sangat baik bagi pertumbuhan anak. Namun, meski terdengar sebagai sesuatu yang positif. Terkadang hal semacam ini pun memicu timbulnya kekhawatiran baru, yaitu berupa adanya reaksi alergi yang dikeluarkan oleh tubuh sang anak dan tentunya hal semacam ini akan membuat para orang tua khawatir dengan keadaan anaknya. Sehingga, akan lebih baik bagi para orang tua untuk mengetahui seperti apa saja reaksi alergi makanan pada anak, bagaimana gejalanya, dan bagaimana pula cara yang tepat untuk mengatasinya dengan segera.

Sebenarnya, mudah sekali bagi orang tua untuk mengetahui apakah anak mereka memiliki alergi makanan tertentu atau tidak. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengenalkan anak setiap makanan secara bertahap, sehingga ketika anak memiliki alergi terhadap makanan tertentu maka akan mudah untuk diketahui. Misalnya, ketika pertama kali anak diberikan makanan berupa telur ayam, maka orang tua tidak perlu memberikan jenis makanan lain terlebih dahulu agar mengerti apakah tubuh anak bisa menerima makanan tersebut atau tidak. Dari semua makanan, setidaknya ada beberapa jenis makanan yang paling kerap menyebabkan alergi pada anak, beberapa di antaranya seperti telur, udang maupun makanan laut lainnya, susu formula, kacang-kacangan, dan beberapa jenis ikan tertentu.
Jika sudah mengetahui berbagai makanan yang paling sering menyebabkan alergi, maka selanjutnya penting bagi para orang tua untuk mengetahui seperti apa saja tanda gejala yang mungkin bisa diidentifikasi sebagai reaksi alergi makanan pada anak mereka. Biasanya, gejala yang paling sering ditemukan adalah berupa gatal-gatal di tubuh dan kulit yang berubah warna menjadi kemerah-merahan. Tidak hanya itu saja, untuk anak bayi yang memiliki alergi terhadap susu formula pun bisa memunculkan tanda reaksi alergi berupa diare terus-menerus.

Jika sudah mencapai derajat yang lebih parah lagi, bayi atau anak yang mengeluarkan reaksi alergi makanan bisa merasa kesulitan dalam bernafas sampai kehilangan kesadaran. Berbeda anak maka berbeda pula kemungkinan reaksi alergi yang bisa dikeluarkan. Beberapa anak membutuhkan waktu untuk mencapai reaksi alergi terparah, tetapi ada pula tubuh anak yang mempunyai reaksi alergi paling cepat. Untuk itu, perlu bagi orang tua mengetahui keadaan apa saja yang perlu diperhatikan dan dijadikan sebagai kondisi darurat untuk segera mendapatkan perawatan dari tenaga kesehatan secepatnya. Beberapa keadaan tersebut adalah:

1.Sesak nafas atau nafas terengah-engah
Ketika tubuh anak memberikan reaksi berupa nafas terengah-engah maupun anak kesulitan bernafas, maka sebaiknya orang tua segera membawakannya ke tenaga kesehatan atau pelayanan kesehatan terdekat dan segera informasikan makanan apa saja yang sudah dimakan oleh anak tersebut.

2.Diare
Terlebih bila anak mengalami diare hebat, maka segera bawa anak ke pelayanan kesehatan terdekat, karena seorang anak yang terlalu banyak mengalami diare memiliki kemungkinan besar untuk dehidrasi karena terlalu banyak cairan yang dibuang melalui proses diare yang dialaminya.

3.Pembengkakan di wajah maupun di bibir
Bila hal ini terjadi, maka segera konsultasikan dengan pelayanan kesehatan atau dokter terdekat agar segera mendapatkan perawatan yang tepat bagi si anak.

Gejala alergi makanan pada anak memang bukan hal yang terlalu sulit untuk diketahui, sehingga tidak terlalu sulit pula bagi para orang tua untuk memutuskan hal apa yang akan dilakukan sebagai penanganan pertama untuk anak yang mendapatkan reaksi alergi terhadap makanan tertentu. Hal yang perlu dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter tentang keadaan anak dan makanan apa saja yang membuat tubuhnya mengeluarkan reaksi alergi tertentu, dan ceritakan pula seberapa parah atau seberapa ringan reaksi yang biasanya ditimbulkan dan bagaimana bentuk reaksinya. Nantinya, dokter akan memberikan nasihat yang sesuai dengan kebutuhan si anak, dan bagaimana cara mengatasinya bila nantinya hal yang demikian terjadi lagi. Beberapa jenis alergi terhadap makanan yang didapatkan anak bisa menghilang seiring berjalannya waktu, tetapi ada pula yang tidak mudah menghilang begitu saja, karena bergantung pada keadaan dan juga kondisi kesehatan tubuh si anak. Pada intinya, komunikasikan pada dokter semua keluhan maupun semua reaksi alergi yang pernah dialami agar nantinya para orang tua bisa menentukan bagaimana cara merawat anak dengan alergi dan memberikan pengertian yang baik pada anak mereka tentang alergi ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pelajari dan Mengerti Cara Mengatasi Alergi Makanan Pada Anak"

Posting Komentar