Tips Ngecek Kendaraan Beroda Empat Sebelum Digunakan

Demi keamanan dan kenyamanan, pastikan untuk mengecek kondisi kendaraan beroda empat sebelum digunakan/dijalankan. Kebanyakan orang tak peduli dengan cara yang satu ini, dan gres galau kalau ada problem dengan kendaraan beroda empat dikala dijalan. Oke, kendaraan beroda empat boleh baru, tapi segala kemungkinan sanggup saja tejadi akhir kelalaian dalam memastikan kondisi kendaraan sebelum berkendara.


Berikut beberapa tips untuk mengecek kendaraan sebelum digunakan


Periksa ketinggian Olie mesin

Cara menyelidiki ketinggian olie mungkin anda sudah tahu. Yaitu tarik stik pengukur ketinggian, usap pada penggalan indikator/pengukur. Kemudian masukkan kembali stik , lihatlah ketinggian olie, dan pastikan ketinggian masih menunjukkan batas kondusif pada indikator.

Periksa Radiator

Radiator ialah penggalan yang sangat penting dari mesin kendaraan. Kebocoran atau volume air pendingin yang berada pada batas bawah  pada indikator radiator bisa menciptakan mesin overheating. Untuk kendaraan beroda empat gres mungkin tak terlalu butuh terlalu sering mengisi air radiator, cukup lihat pada tangki cadangan. Intinya, pastikan radiator tak mengalami masalah, contohnya kebocoran atau kekurangan air.

Cek pada seluruh penggalan engine

Buka kap epilog mesin, perhatikan baik baik pada komponen penting menyerupai slang apakah terlihat ada kebocoran, olie yang menetes, radiator, belt (sabuk kipas), atau kabel kabel yang ada.Belt atau sabuk kipas yang kendur/getas  sanggup berakibat sangat fatal pada mesin, alasannya ialah kemungkinan sanggup terlepas atau putus dikala mesin berjalan. Dan ini bisa mengakibatkan mesin macet secara tiba-tiba. Baca juga tips membersihkan mesin mobil disini

Periksa filter udara

Filter udara lambat laun niscaya akan kotor oleh debu, ya memang tugasnya untuk menyaring partikel kecil tersebut. Pastikan kalau filter udara pada mesin kendaraan beroda empat anda telah higienis kembali, atau kalau perlu sudah diganti. Filter udara yang sudah terlalu kotor pada karenanya akan sangat menghambat proses pembakaran. Hal ini tentunya akan mempengaruhi/menurunkan kinerja mesin.

Periksa wiper

Terutama untuk isu terkini musim penghujan, wiper sangat dibutuhkan. Pastikan air pada tabung wiper, pastikan isinya masih cukup memenuhi kebutuhan.

Periksa lampu-lampu

Mungkin saja anda tidak menyadari kalau salah satu lampu penting pada kendaraan anda ada yang tidak menyala. Sebelum berkendara, apalagi jarak jauh, memastikan semua fungsi lampu ialah penting. Pastikan semua lampu ini berfungsi dengan baik: Headlamp, brake lamp, sein lamp, lampu dim dan lampu kota.

Memeriksa tekanan angin ban

Periksa apakah tekaan angin pada ban kendaraan beroda empat anda masih dalam kondisi standard yang dianjurkan. Kondisi tekanan angin yang kurang atau tidak seimbang sanggup mengakibatkan ban cepat aus dan kendaraan beroda empat kurang nyaman dikendarai.

Saya yakin semua pengendara sudah menyadari beberapa hal diatas, namun yang sering terjadi ialah lupa atau menyepelekan. Semoga beberapa tips sebelum kendaraan beroda empat dikendarai diatas sanggup mengingatkan anda akan pentingnya keamanan dan kenyamanan berkendara.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Ngecek Kendaraan Beroda Empat Sebelum Digunakan"

Posting Komentar